Up to date

Salah seorang teman saya, di suatu malam sepulangnya ia kerja, dengan bangga mempertontonkan laptop-nya sambil berkata, “Lihat nih, operating system-nya sudah saya update, sekarang sudah pake Ususbuntu versi Jangkrik Jamput. Ini yang pertama lho, bahkan dirilis saja belum, tapi saya sudah up to date.” Tapi setelah itu, yang dibuka ya tetep Music Player, PDF Reader dan hal-hal lain yang sebenarnya sudah ada di versi sebelumnya.

Heran rasanya, buat apa membuang bandwith sebanyak itu, tapi tidak ada peningkatan fungsi yang dirasakan? Kalau memang cuma memakai “itu-itu” saja, kan bisa memakai versi sebelumnya. Apakah label “up-to-date” itu sedemikian pentingnya? Kalau saya pribadi sih, bila tidak ada kegunaan yang penting, saya malas untuk upgrade software-software yang saya pakai. Daripada buang-buang waktu & bandwith sia-sia.

Tapi kalau memang jelas ada manfaatnya, baru saya akan upgrade. Seperti WordPress yang dipakai sebagai engine blog ini. Saya upgrade langsung ke versi 2.7 karena saya memang ingin memanfaatkan fungsi Automatic Upgrade-nya. Versi-versi di antara 2.5 sampai 2.7 sama sekali tidak saya gunakan. Toh, di changelog-nya sendiri biasanya cuma minor change saja.

Tampilan yang lebih bagus, biasanya menjadi faktor yang membuat orang mau repot-repot untuk upgrade. Padahal dia tidak mengetahui ada apa di balik versi yang terbaru itu. Upgrade Windows XP ke Vista, karena tampilannya lebih cool. Lebih nggilap. Padahal ya sama saja, cuma dipakai nge-game yang itu-itu saja. Kalau memang dipakai buat game khusus Vista sih mungkin tak masalah.

Tapi yah, itu kembali ke masing-masing individu. Memang ada beberapa orang yang ingin selalu tampil “baru” atau “mengikuti trend”. Padahal yah, kalau dengan yang lama saja sudah bisa, buat apa repot-repot cari yang baru?

17 thoughts on “Up to date

  1. aku dah pake Jaunty Jackalope karena, emang suka aja… hahaha banyak peningkatan mulai dari loading time lebih cepet, driver vga yang baru , notification yang baru… lagi pula gak merasa rugi koq pake yang paling baru :))

    Like

  2. ada beberapa temen yang banci apgret karena penasaran dengan apa yang ada di versi terbaru. bukan karena pengen gaya-gayaan. setelah dirasa ternyata versi terbaru tersebut tidak membawa perubahan yang cukup signifikan biasanya sih rame-rame pada downgrade😆

    Like

  3. aku juga gak update ke jounty, padahal menurut temen-temen katane lebih enting (ringan). tapi kayaknya saya nunggu yang blonkon nanggar saja sekalian. he he he… soale aku pake blankon sekarang🙂

    oh ya mas, kenapa ya…
    kadang2 theme ini kalo reload sidebar lebih lama dari load konten blognya?

    Like

  4. 70% anak di anggap salah saat biacra dengan orang tua padahal belum tentu pikiran anak selalu salah itu karena sebuah tradisi dimana anak mempunyai hak mutlak untuk nurut pada orang tua yang bertugas untuk membimbing anak

    Like

  5. You’re probably going to lose weight fast, but will you keep it off? Can you reset your body’s normal weight point in the process? Can you gain more shape? Can you control your calories in? Can you specifically target losing fats instead of body muscle? Come to think of it, you may theoretically be on a very low calorie diet, but the real truth is HCG helps your body use up the extra stored calories in your body to make up for what your body needs to function. HCG dieters are reporting upto 2 lbs lost per day using the hcg.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s