CodeIgniter 2.0

CodeIgniter
CodeIgniter

Akhir bulan Januari kemarin (ya, ini memang basbang), EllisLab merilis versi 2.0 dari CodeIgniter, framework PHP bikinan mereka. Ada yang spesial di rilis kali ini. Sebab ini untuk pertama kalinya CodeIgniter ikut digarap oleh orang-orang di luar EllisLab. Memang sejak Desember kemarin EllisLab mengumpulkan orang-orang di komunitas CI untuk bergabung & membentuk tim “CodeIgniter Reactor” yang nantinya akan menjadi core developers CI.

Pada akhirnya, hal ini akan menjadi seperti hubungan antara Automattic & WordPress. FYI, sejak lama platform CMS WordPress memiliki tim developer sendiri yang bertugas mengembangkan kode-kode WordPress. Automattic sudah tidak bertanggung jawab lagi terhadap perkembangan WordPress, seluruhnya sudah dilepas kepada tim tersebut. Mereka hanya fokus ke bisnis mereka sendiri.

Hal ini jelas menjadi kabar baik bagi pengembang yang menggunakan CodeIgniter. Sebab nantinya mereka akan bisa ikut memberikan sumbangsih lebih terhadap perkembangan CI tanpa terus bergantung kepada EllisLab.

Back to business, berikut ini beberapa hal baru (yang saya anggap penting) yang ada di CodeIgniter 2.0:

  • Menggunakan PHP versi 5.1.6 & menghilangkan dukungan untuk PHP 4, yang berarti akan mengubah cara pemanggilan Class & konstruktor-nya.
  • Setelah sering menemui ambiguitas dengan Helpers, Plugins akhirnya dihapus. Plugin CAPTCHA juga telah diubah menjadi Helpers
  • Semua core classes ditambahi prefix ‘CI_’ di depan namanya, demi memudahkan pengembang yang ingin mengubah beberapa hal dalam Controller
  • Penambahan Drivers. Drivers adalah Library khusus yang memiliki banyak subclass. Dengan Drivers, pengembang bisa memanggil subclasssubclass tersebut cukup dengan me-load kelas induknya saja.
  • Disertakan pula beberapa Drivers baru: Cache Drivers, Database Drivers & Javascript Drivers
  • Packages. Packages adalah sub-project yang dapat dipakai sebagai aplikasi third party dalam aplikasi utama. Hal ini berguna bila Anda memiliki beberapa aplikasi yang memiliki fungsionalitas hampir sama. Anda bisa membuat Package yang mencakup fungsionalitas tersebut dan memakainya di setiap aplikasi tanpa harus menulis ulang kodenya. Tapi konsep ini masih belum lengkap, mungkin akan dirilis di versi berikutnya.
  • Kata ‘default’ kini menjadi Reserved Names. Artinya Anda tidak diperkenankan menggunakan ‘default’ sebagai nama class.

Untuk changelog yang lebih lengkap, bisa dilihat di halaman Dokumentasi CI.

Bisa dilihat, perubahan-perubahan yang ada bisa dibilang cukup mendasar, sehingga bila Anda hendak meng-upgrade versi CodeIgniter Anda, sebaiknya Anda berhati-hati. Terutama di bagian Controller. Nama fungsi Konstruktor sudah harus berupa ‘__construct’, bukannya nama Class. Bila Anda tidak hendak menambahkan perintah tambahan di konstruktor, sebaiknya tidak usah membuat kosntruktor. Sebab di PHP5 konstruktor akan me-replace konstruktor induk. Jika hendak menambahkan beberapa baris kode di konstruktor, jangan lupa menambahkan ‘parent::__construct();’ agar fungsionalitas di kelas induk CI_Controller dapat dipakai di Controller Anda.

Selamat bermain-main dengan CodeIgniter 2.0πŸ˜‰

49 thoughts on “CodeIgniter 2.0

  1. tapi…. dan tapi….. bentar,

    tapi sejauh ini updatan dari wp terkadang terlalu cepat dan banyak yang tidak jelas entah apa yang di update, rata-rata update nya tak pending semua, security nampaknya nomor 2, dan GUI adalah nomor 1. Code php nya pun juga mulai standard namun strong dan strong…

    Like

  2. Pak Rahard(i?), ijinkan saya untuk menitip link. Saya ini udah bolak-balik promosi ko tetep ndak ada pengunjung yang mau ngelirik web saya. Mungkin apa karena kurang menarik isinya ato apa.. Soale saya ini ndak pinter ngeblog, jadi, saya bikin jejaring sosial ala kadarnya dan semampu saya aja. Ealah, ko tetep ndak mampu buat beli domain .com, jadi web saya tetep terbengkalai ndak berpenghuni. Kalo pak (mas?) rahard ada waktu, mbok di review alamat web saya yang ada di nama saya ini. Sekalian kalo bersedia merekomendasikan ke publik, hihi… Jangan kuatir, ntar tak kasih upah jajanan ala kaki lima. Ndak papa tho?

    Maaf, ini alamat web yang coba saya buat, http://diaryspace.tk

    Iya tho? Ndak menarik sama sekali, moso tk?

    Makanya, kalo web ini ada yang minat, nti tak usahain beliin domain .com biar lebih menarik…

    Terimakasih yo…

    Like

  3. Kursus Bikin website dengan hanya online,saya Rasa ini adalah satu-satu nya situs yang GRATIS,saya tidak akan meminta biaya satu rupiah pun dari anda,dan apa yg pasti saya akan menyebarkan ilmu kepada Anda semua. baik yg berada di INDONESIA maupun di luar INDONESIA.SAYA berharap semoga ALLAH menambahkah ilmu kepada saya dan juga kepada anda.

    Like

  4. Great Information! You made some clear points, and I really understanding what you mean. I looked on the internet for this subject and found most individuals would go along with your website.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s