Agama Manja

Ramadhan telah tiba. Musimnya promosi lagi, musimnya diskon lagi, musimnya si ormas itu obrakan lagi. Haha, lucu sekaligus miris mendengar si ormas itu mengobrak warung yang jualan di siang hari pada Ramadhan tahun lalu. Alasannya, tidak menghormati orang yang berpuasa.

Alasan yang aneh. Jika puasa itu harus menahan godaan untuk makan dan minum, ya sudah, harus dijalankan dalam kondisi apapun. Baik dalam kondisi darurat militer, pasca bencana alam, ataupun di antara warung-warung yang menyajikan makanan dengan aroma menggoda.

Puasa kok malah manja. Justru seharusnya godaan tersebut dijadikan tantangan, mampu tidak untuk berpuasa dalam kondisi seperti itu. Bukannya malah mengobrak-obrak warungnya. Puasa kok malah melampiaskan amarah begitu.

Atau jangan-jangan para obrakers itu sebenarnya tidak kuat menahan godaan? Tapi gengsi jika mau membatalkan puasa, jadinya mereka mengobrak-abrik warung-warung nasi tersebut lagi-lagi dengan slogan usang mereka “Jidah fi sabilillah”. Tai.

Jihad kok merusak penghidupan orang. Jihad kok malah melampiaskan amarah di bulan puasa. Terinspirasi dari perang Badr tampaknya, yang katanya berlangsung di bulan Ramadhan. Perang kok melawan orang-orang kere yang hidupnya bergantung dari jualan di warungnya.

Ah, sudahlah, saya hanya memuaskan nafsu ngrasani saya sebelum puasa tiba. Sebab katanya pahala puasa kita akan berkurang kalau kita ngrasani orang, sebejat apapun, bahkan selevel ormas itu sekalipun. Saya ini banyak dosa, jadi ndak mau pahala saya berkurang. Takutnya nanti ndak bisa merasakan nikmatnya perawan-perawan surga.

Ndak seperti para obrakers itu, mentang-mentang punya pahala banyak, jadi ndak butuh pahala puasa. Makanya mau ngobrak-ngobrak warung dengan nama jihad.

Selamat berpuasa. Semoga Anda bukan tipe orang puasa yang manja.. seperti.. ah sudahlah..

43 thoughts on “Agama Manja

  1. lho, FPI kan salah satu rintangan puasa kita untuk lebih bisa menahan nafsu amarah.

    Berarti FPI membuat kita tidak manja, karena kita harus nahan pengen nonjok para FPI😀

    Like

  2. lha kalo puasa tanpa godaan, tanpa ada warung buka, tanpa ada selangkangan melintang ya GAMPANG BANGET……………
    hikmah puasa kan menahan hawa nafsu!
    aneh emang, orang yang puasa kok nuntut dihormati… idealnya adalah orang yang gak puasa ngomong “hormatilah orang yang berpuasa”😀

    Kyai Slamet’s last post: Kyai Slamet…

    Like

  3. berpuasa di tengah godaan dan akhirnya mampu melawan godaan itu menurut saya lebih afdol daripada berpuasa di tengah warung-warung yang tutup. mana ada ibadat tanpa godaan? bukan godaannya yang harus dilibas, tapi imannya yang harus dikuatkan. sebesar apapun godaannya, kalau imannya kuat ya tetap saja teguh beribadah.

    JalanSutera.com™’s last post: IPhone Girl

    Like

  4. kalo masi ada yang manja liat aja itu muslim di belanda sini. nyari daging halal susah banget. di kantor semua orang pada makan. buka puasanya jam sembilan malem *padahal sahurnya sama2 pagi* tapi ya ndak ada yang protes. justru makin semangat puasa dan ibadahnya. malem jg taraweh, biarpun uda jam 10an malem.

    semoga… semoga…

    Like

  5. @pak sawali: selamat berpuasa juga pak, mohon maaf lahir batin.. ^:)^

    @emfajar: Selamat berpuasa juga..

    @dana: amen.. [-O<

    @yudi: selamat berpuasa juga

    @Bumi-Langit: memang Ramadhan hanya ada di Islam, tapi bukan berarti Ramadhan itu alasan untuk bermanja-manja kan?

    @nrl: met puasa juga, nurul.. semoga semakin langsing ;))

    @Dhimas: ya, bisa dibilang begitu😛

    @Goenawan Lee: Tengkyu brotha.. ^:)^

    @kang gery: amen, semoga berhasil.. :-bd

    @edy: /:) met puasa juga, om..

    @Fortynine:*toss*

    @densscessario: :)) betul.. menghadapi anak manja seperti itu memang menguji kesabaran..

    @mbelGedez™: betul om, tapi gara-gara mereka, bisa-bisa orang satu agama dicap kek gitu semua.. MANJA!!

    @sayasiorangtampan: ampun Kang.. ^:)^

    @Hedi: semoga bukan sebagian yang besar😀 met puasa juga Sam.. amin..

    @cK: met puasa juga tante..

    @afwan auliyar: Islam itu bagi FPI adalah pembenaran bagi mereka untuk memmentung orang-orang yang tidak mereka sukai.. mari kita perbaharui..

    @jauhari: Yoo.. m/

    @Kyai Slamet: Seharusnya malah “hormatilah orang yang tidak berpuasa”😀

    @JalanSutera: sangat betul!! puasa tanpa godaan itu sama saja berperang melawan anak kecil..😀

    @Iman Kristen: Terima kasih..🙂

    @itikkecil: tapi kalau lihat FPI? ngaruh gak ya? ;)) selamat berpuasa juga mbak Ira.

    @Chic: bentul! cuma mereka gengsi ajah, selamat tidak berpuasa juga, jeng Chic

    @chrisibiastika: itulah yang namanya perjuangan.. salute!! =D>

    @Abi Bakar: ah, perasaan sampeyan saja itu.. ;))

    Like

  6. Jd inget tmn aLe saat dia mencela teman lainnya yg ga sealiran dgn dia, dan trjd prbincangan,
    aLe : kok ga takut dosa?
    Tmn : loh mas, dakwah itu memang harus menyakiti.
    aLe : owh, gt ya? Emang dalilnya mana?
    Dan tmn aLe diam tak mnjawab, dia bingung, ah trnyata dia cm trpengaruh dgn doktrin² gak jelas dan tdk mncari lbh dahulu kejelasannya. Sungguh ironis, dia hny sbagian kecil dr korban² kjahatan brkedok agama, mngkn itu jg yg dialami para anggota FPI ituh.
    Marhaban yaa Ramadhan., *sory telat*

    Like

  7. @ika: biar masuk sorga sendiri, jeng…😛

    @aLe: masih mending itu, yang lebih ngeri justru yang melintir2 dalil & ayat

    @Gus Yehia: ah, perasaan sampeyan saja itu.. tapi mungkin memang begitu sih.. >:)

    Like

  8. Wedew, saya sudah baca entry ini saat awal-awal puasa namun saya baru ingat untuk komen sekarang…😛 *ditabok*

    Tetapi justru tempat-tempat yang diserang adalah warung-warung pinggir jalan yang kecil, daripada tempat-tempat maksiat yang besar… lol, kenapa ya.

    Lagipula, saya jadi ingat puasa di Australia di kelak musim panas. Sahur pagi, buka malam-malam… boro-boro jam 6, jam 8 saja belum buka puasa *seperti yang di Belanda itu*. Toko daging halal saya cuma tahu satu tempat…

    -_- Dan semua orang sepertinya tidak mengerti inti dari puasa: “Makan saja, kita nggak akan bilang-bilang siapa-siapa kok! Kan nggak ada yang lihat =D” Tetapi justru asyik juga, jadi sendirian yang puasa.😛 *asyik apanya*

    Hmmm… hmm… kalau perjaka surga ada nggak sih… *digebuk*

    *nggak nyambung nih*

    Infinite Inficio’s last post: Foto Konyol

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s