Terminator Salvation

Terminator Salvation
Terminator Salvation

Bisa dibilang, film ini adalah salah satu film yang saya tunggu tahun ini. Karena katanya, film ini adalah the missing link, yang menjelaskan tentang asal muasal cerita di 3 film pertama.

Film ini dimulai dengan cerita di tahun 2003, di mana seorang terpidana mati bernama Marcus, memberikan tubuhnya untuk digunakan sebagai riset sains. Kemudian beralih ke masa depan, di mana John Connor, tokoh sentral dalam serial ini, telah tumbuh dewasa dan ikut dalam sebuah misi untuk merebut informasi dari pihak mesin. John Connor sendiri di mata para pemberontak adalah sang juru selamat, yang diramalkan akan mengakhiri perang antara manusia melawan mesin. Dalam misi tersebut, John menjadi satu-satunya yang selamat setelah seluruh pasukan dibombardir oleh pasukan mesin. Tanpa diketahui John, dalam misi tersebut mereka membangunkan sosok Marcus yang telah dieksekusi 15 tahun yang lalu.

Sementara John kembali ke markas para pemberontak dan mengembangkan senjata yang mereka dapatkan dari misi itu, Marcus tiba di kota Los Angeles yang telah porak poranda setelah dihujani bom nuklir pada saat Judgement Day. Di sana ia bertemu dengan Kyle Reese, ayah dari John Connor, saat masih remaja. Di tengah perjalanan kembali ke markas pemberontak, Kyle ditangkap tentara mesin. Kyle adalah target utama para mesin, karena jika Kyle mati, maka sejarah akan berubah, dan John Connor tidak akan pernah lahir sehingga mungkin Skynet, program utama yang mengontrol seluruh mesin, akan menang.

Di tengah usahanya menyelamatkan Kyle, Marcus bertemu Blair Williams, seorang pilot wanita yang selamat dari serangan para mesin. Bersama-sama mereka menempuh perjalanan kembali ke markas pemberontak. Tapi setelah hampir sampai, Marcus terkena ranjau magnetik yang digunakan untuk melindungi markas. Saat para pemberontak berusaha menyelamatkannya, mereka menemukan fakta mengejutkan, bahwa Marcus ternyata adalah sebuah cyborg, gabungan antara manusia dan mesin. Ternyata riset sains yang dilakukan pada tubuhnya saat akan dieksekusi adalah usaha untuk mengubah dirinya menjadi cyborg.

John Connor yang merasa Marcus adalah musuh berbahaya, menahan dirinya. Tapi Blair menyelamatkannya karena ikatan batin yang terbentuk saat mereka melakukan perjalanan bersama. John yang hampir menangkap kembali Marcus, dipaksa untuk bernegosiasi. Marcus mengatakan dirinya sanggup menyelamatkan Kyle dan tawanan lain di markas Skynet, karena dia adalah sebuah mesin. John setuju untuk menjalankan misi penyelamatan sebelum Pusat Komando para pemberontak melakukan serangan besar-besaran kepada Skynet.

Dengan bantuan Marcus yang berhasil menyusup, John berhasil masuk ke markas Skynet. Tapi di saat John sibuk mencari Kyle, Marcus menyadari bahwa selama ini dirinya telah dimanfaatkan oleh Skynet. Ia berhasil membawa John Connor, musuh terbesar Skynet untuk datang sendiri kepada mereka. Merasa marah karena diperalat, Marcus akhirnya datang menolong John untuk membebaskan Kyle. Saat itulah muncul sang ikon Terminator, Arnlod Schwarzenegger, yang merupakan robot paling mutakhir Skynet, T-800, menyerang John & Marcus.

Setelah hampir saja mati, John, Marcus & Kyle berhasil meledakkan markas Skynet & melarikan diri. Sayang, jantung John tertusuk dan nyawanya hampir tidak bisa diselamatkan. Marcus akhirnya bersedia memberikan jantungnya, satu-satunya organ manusia yang tersisa dalam dirinya kepada John agar ia bisa hidup dan memimpin pemberontakan.

Film ini sangat keren dalam hal animasi dan action. Banyak suara deru mesin, tembakan senjata & ledakan bom. But, there is always but. Ceritanya tidak begitu jelas. Cukup membingungkan malah, terlalu banyak hal yang tidak jelas asal muasalnya. Padahal, sebagai salah satu peminat seri Terminator, saya ingin tahu bagaimana ceritanya, John & Kate serta para pemberontak lainnya bisa selamat dari hujan nuklir. Tapi tidak dijelaskan di situ, tiba-tiba semuanya sudah terbentuk. Ada juga plot hole yang terbentuk di sana. Kalau memang Skynet ingin sekali membunuh Kyle Reese, bahkan memasang dirinya sebagai orang nomor 1 yang paling dicari, kenapa robot-robotnya tidak segera membunuhnya saat mereka menemukannya? Untuk memancing John Connor ke markas mereka? Buat apa? Kalau Kyle Reese mati, toh John Connor juga tidak akan pernah ada.

Lalu senjata pamungkas yang konon mampu memerintahkan para mesin untuk memadamkan seluruh sistemnya, kenapa tidak digunakan? Daripada susah-susah membom seluruh markas Skynet, kenapa tidak dimatikan saja seluruh mesin di situ. Toh, kalau senjatanya memang berhasil tidak perlu ada pertarungan & penyusupan yang dilakukan oleh John.๐Ÿ˜

Sosok Marcus sendiri juga tampak tidak terlalu penting. Memang ia menjadi tokoh utama di seri ini, tapi di keseluruhan cerita Terminator, ia tidak membawa pengaruh banyak. Saya rasa keberadaan Marcus hanya untuk meneruskan “tradisi” dalam seri Terminator yang selalu menampilkan pertarungan antara robot baik & jahat, yang penuh dengan aksi yang keren. Karena belum ada robot baik, maka Marcus-lah yang dijadikan “robot” protagonis.

Yah, overall, it’s not bad, but not good either. 7 / 10

36 thoughts on “Terminator Salvation

  1. aduh…pengen tahu dong terakhir si john connor said what sih? tentang takdir apa gitu………..kalo ada yg tahu kasih tau yah………..makasih yg pasti FILM INI SERU BANGET………SOUND

    Like

  2. menurut gw filmny keren si….tapi endingnya tambah bikin pnasaran….klo dfilmny yg dlu2 kan pasti ad terminator yg dikirim dari masa depan..tapi difilm ni ko gada crita yang bahas tentang gmn cara kirim kyle reese ma terminator kmasa lalu y??ap bakal lanjut lg ni film??

    Like

  3. gw mpe nonton 2x nih film di xxi
    alesan knapa dy gk gunain disable frequensinya untuk menghancurkan skynet mgkn dkarenakan frequensi tsb bisa normal lagi bila machine tidak dbumi hanguskan

    kenapa kyle gak dibunuh waktu penculikan?
    untuk memancing connor biar masuk skynet di L.A dan marcus a.k.a robot penyusup berhasil misinya, kan dijelasin pas marcus masuk ruang navigasi skynet..he he he

    Like

  4. ah menurut sya cerita ini g jelas,,seharusnya kota yang terkena nuklir itu g bisa dihuni selama puluhan tahun,ko kyle reese masih bsa bertahan di LAcsih,,,buat jhon connor sekarang dah ada teknologi EMP (elektromagnetik pulse) yang membuat semua alat elektronik g berfungsi,,pke tuh jhon,,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s