Breaking the Rule

Sedikit cerita, beberapa waktu yang lalu saya mendengar seseorang yang begitu bangganya bercerita tentang dirinya yang hobi menenggak minuman keras di hadapan temannya yang rajin sembahyang. Ada juga seorang yang menggebu-gebu bercerita tentang dirinya yang jago telat masuk kantor kepada temannya yang rajin dan penurut. Serta banyak lagi cerita tentang mereka yang dengan gagah berani melawan tata tertib.

Aturan.

Ya, aturan itu memang ada untuk dilanggar. Aturan itu sengaja diadakan untuk memberi tantangan pada mereka-mereka yang bernyali untuk dapat dikenal. Ya, orang tidak akan pernah mengenal Anda jika Anda hanyalah orang yang begitu-begitu saja. Sejarah tidak pernah mencatat orang yang penurut. Jika Anda hanya mengikuti aturan yang ada, tetangga Anda bahkan mungkin tidak akan mengenal Anda. Tapi jika Anda berani menentang tata tertib, dunia yang akan mengenal Anda.

Lawanlah. Sebuah sungai hanya akan menjadi sungai jika arusnya hanya mengalir tenang. Tapi ia akan dikenal dan dikunjungi bila ada batu besar yang menentang arusnya, menciptakan riak, membuat gelombang.

Lihatlah mereka, orang yang namanya ada di setiap buku sejarah. Mereka semua adalah penentang aturan semasa hidupnya, dan ketika mereka mati, nama mereka akan tetap hidup. Galileo dan Copernicus, adalah penentang aturan gereja yang yakin bahwa bumi itu datar dan merupakan pusat tata surya. Darwin, orang yang berani menciptakan sebuah teori baru. Anda? Bahkan teman lama Anda akan lupa siapa Anda.

Tapi memang, untuk melawan sebuah aturan juga dibutuhkan nyali. Silakan pergi mencuci kaki kemudian tidur dan bermimpi menjadi terkenal jika Anda seorang pengecut tak bernyali. Karena memang akan banyak efek yang terjadi setelah Anda melakukan hal tersebut. Anda melanggar ajaran agama Anda, tentu akan banyak yang mencemooh, tapi banyak juga yang akan kagum pada Anda. Anda melanggar aturan tempat kerja, tentu atasan Anda akan memarahi Anda, tapi rekan-rekan yang sederajat dengan Anda akan jadi segan kepada Anda.

Dan jangan lupa. Ceritakan tentang perbuatan Anda itu kepada semua orang. Anda tidak akan jadi seterkenal itu jika hanya beberapa orang saja yang tahu. Publikasi. Itu yang penting. Seperti yang saya ceritakan di awal, mereka itu tengah melakukan publikasi. Ceritakanlah tindakan Anda layaknya seorang pahlawan yang kembali dari pertempuran, melawan maut, atau bahkan bertarung dengan Tuhan. Maka tentu orang yang mendengarkan Anda akan kagum pada Anda.

Terakhir, jangan lupa tanamkan motto ini pada diri Anda:

The rules is: NO RULE!!

Oke, selamat menjadi rule-breaker! Selamat menjadi terkenal!

46 thoughts on “Breaking the Rule

  1. melawan peraturan tapi tetep berprestasi…
    baru deh mas itu terkenal…
    melawan peraturan tapi tidak membawa kedalam neraka…baru okeh
    melawan peraturan kantor, tapi bisa bikin bos berdecak-decak kagum…wuihhhh..lama2 si bos bakal yg jadi bawahan kita…
    artinya, kita melawan peraturan, tapi tetap ok disegala bidang…welllll baru deh, pasang sabuk pengaman!! karena perjalanan menjadi terkenal dan sukses akan melesat secepat kilat!!😀

    Like

  2. Mas Nazieb, saya jadi ingat idiom “Jika ingin jadi orang terkenal, memberontaklah”. wah, melanggar aturan kayaknya sudah makin menjadi jalan pintas menuju ketenaran, euy … tapi hanya akan menjadi sebuah kesia-siaan jika “pemberontakan” semacam itu hanya latah dan sekadar cari sensasi, hehehehe😆

    Like

  3. Oke, selamat menjadi rule-breaker! Selamat menjadi terkenal!

    sayangnya ridu gak bisa break dance jadinya gak bisa terkenal donk!hehehe…

    kalo sekarang emang bebas berpendapat tapi kalo udah melanggar aturan ya kita juga harus bertanggung jawab donk dgn apa yg telah kita buat..
    *jd inget pelajaran PPKn deh tentang norma2 gitu..

    Like

  4. kalau berjuang demi ketearan dan menimbulkan banyak kerugian bagi orang lain sih mendih jangan…
    mending jadi orang biasa saja.. toh kita hiduo di dunia ini hanya sementara saja kok…

    Like

  5. haha, aku kok aneh ya dengernya? kalo kita beranin menentang aturan, tentu kita akan terkenal tapi terkenalnya karena kejelekan kan? kalo gitu mah aku lebih milih ga dikenal daripada terkenal karena kejelekan. itu sih kalo menurut saya. peace…

    Like

  6. “Ya, aturan itu memang ada untuk di langgar” , iya memang benar kalau dil langgar memang ndak boleh tidur, apa lagi bermain, apa lagi ngeblog soalnya di langgar itu ndak ada hot spot-nya. ya mau keluar dari aturan ke luar langgar aja, cari aja kafe terdekat ngeblog-lah di situ he he he😀

    Like

  7. Lawanlah. Sebuah sungai hanya akan menjadi sungai jika arusnya hanya mengalir tenang. Tapi ia akan dikenal dan dikunjungi bila ada batu besar yang menentang arusnya, menciptakan riak, membuat gelombang.

    menarik!

    Like

  8. Wah, ajaran sesat nih.
    Tapi saya sangat sepakat kalau orang-orang sekarang itu sangat bangga kalau bisa melawan arus. Waktu saya SMA dulu, teman-teman sangat bangga menyebut diri mereka tukang bolos daripada kutu buku. Aneh

    Like

    1. tidak semua peraturan harus d turuti,ada juga peraturan yang harus d langgar…!
      bila peraturan itu tidak sejalur dengan apa yang di anjurkan…! mkasih gan atas info nya…! semoga bermanfaat bagi kita semua…! amin

      Like

  9. I’m extremely inspired together with your writing talents as smartly as with the structure to your blog. Is this a paid subject matter or did you customize it yourself? Either way keep up the excellent quality writing, it’s uncommon to peer a great weblog like this one nowadays.

    Like

  10. tidak semua peraturan harus di turuti,ada juga peraturan yang harus di langgar, bila peraturan itu tidak sejalan dengan apa yang di anjurkan…! makasih gan atas info nya, semoga bermafaat bagi kita semua …! amin…!

    Like

  11. Does your site have a contact page? I’m having a tough time locating it but, I’d like to send you an email. I’ve got some creative ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it expand over time.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s