Categories
internet tips

Open IE-only site using Firefox

Beberapa situs penting di internet, seperti layanan internet banking, memerlukan Internet Explorer agar bisa dibuka. KlikBCA misalnya. Tapi situs yang satu ini masih agak mending. Bila Anda memaksa membuka dengan browser lain, situs tersebut akan tetap terbuka, meski ada beberapa fungsi tambahan yang tidak bisa berjalan baik seperti di IE. Bank Mega yang parah. Jika Anda membuka dengan browser lain, situs ini akan menampilkan pengumuman yang berbunyi “This site can only be opened using IE bla bla bla bla”. Sangat merepotkan memang, apalagi bagi Anda para pengguna Linux.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini:

1. Menginstall OS Microsoft Windows di komputer Anda, baik diinstal secara langsung ke Hard Disk (dual boot) atau diinstal ke Linux Anda dengan software virtual machine seperti VMWare atau VirtualBox. Ini cara yang paling merepotkan memang. Selain lebih susah, mahal (jika menggunakan lisensi asli), juga boros space hard disk.

2. Menginstall program IEs for Linux, yaitu sebuah program yang mengemulasikan IE di Linux Anda. Dengan program ini seolah-olah Anda mempunyai browser IE di Linux, sehingga Anda bisa membuka situs-situs tersebut. Cara ini lebih mudah, tapi masih ada cara yang jauh lebih mudah lagi.

3. Menggunakan Firefox. Caranya? Anda harus menginstall sebuah add-on khusus bernama User Agent Switcher, yang bisa Anda download di sini. Add-on ini berguna untuk menyamarkan Firefox Anda, sehingga ketika Anda mengakses situs-situs tersebut, situs tersebut akan mengira bahwa Anda menggunakan IE. Untuk menggunakannya, setelah menginstall dan merestart Firefox Anda, klik Tools -> User Agent Switcher -> Internet Explorer. Lakukan sebelum Anda mengakses situs tersebut. Dan jangan lupa untuk mengembalikan ke default setelah Anda selesai.

Happy browsing.. 🙂

38 replies on “Open IE-only site using Firefox”

Aku juga heran, ternyata IE jg masih punya kelebihan walupun itu sedikit.
Tapi, mang bgitulah. Semuanya gak ada yg sempurna. Semuanya serba terbatas.

Btw, soal browser keren. G-Chrome keren bgt tuh, walopun blom serius dikembangkan..

Like

Bukan kelebihan kalau menurut saya…

Cuma di IE ada beberapa fitur yang dikembangkan Microsoft dengan standar-standar mereka sendiri, sehingga bila menggunakan browser lain, fitur tersebut tidak bisa digunakan..

Like

.
Sayah biasa mbuka Klik BCA pakai rubah api selama inih ndak masalah tuh….

Yang paling parah adalah situs beberapa airline yang udah menyediakan diri untuk diakses langsung, tapi cuman bisa pakai IE….

🙄

Like

kalo di eropa kan mikrosop udah sering mendapatkn tuntutan bahkan kalah di pengadilan. yah semacam aksi monopolinya itu. harusnya konsumen di indonesia bisa melakukan tuntutan kepada penyedia layanan yang diskriminatif. atau programernya yang harus paham tentang kenyataan, dunia bukan hanya mikrosop.
bentar, ini rada serius. programer kan harusnya paham bahwa browser bukan hanya IE atau memang ada paksaan bahwa harus IE aja dari si bos. soalnya bos cuman tahu IE dan MSN
😀

Like

Purely to follow up on the update of this subject on your website and would really want to let you know simply how much I treasured the time you took to create this beneficial post. Inside the post, you spoke regarding how to seriously handle this challenge with all ease. It would be my own pleasure to accumulate some more suggestions from your web-site and come as much as offer other individuals what I have benefited from you. Many thanks for your usual great effort.

Like

Could we have both a new iPhone and iPad this year? A new re&#1088&#959rt says suppliers are gearing up t&#959 help Apple produce millions &#959f both for an October release. Citing c&#959m&#1088&#959nent industry sources, Digi Times says &#1072 number &#959f Taiwan-based companies that supply Apple with parts for its gadgets h&#1072ve “begun to pr&#1077p&#1072r&#1077 materials” for the tw&#959 iOS devices, with production slated to start in S&#1077pt&#1077mb&#1077r. Digi Times is scant oniPad 3 details, besides noting that Apple is going with a version that’s “even thinner and lighter” as well as sporting a 250 pixels-per-inch &#1088&#1088&#1110 display. What does it meanspirited?

Like

Leave a comment