Categories
internet

Managing Emails in Gmail

Bila Anda pernah atau mungkin saat ini menggunakan Yahoo! Mail, Anda tentu tahu bahwa di dalam Yahoo! Mail tersedia layanan untuk membuat folder serta meletakkan email-email tertentu di dalam folder tersebut. Serta filter untuk meyaring email yang masuk lalu meletakkan email tersebut ke folder yang Anda inginkan.

Di GMail, pesaing utama Y!Mail, memang tidak tersedia fasilitas folder seperti itu. Tetapi ada satu fitur yang mungkin lebih berguna, yaitu labeling. GMail tidak meletakkan email-email Anda ke dalam folder tertentu. Tapi GMail memberi email Anda label-label. Jadi Anda bisa memberi lebih dari satu label untuk sebuah email. Misal saja Anda mendapat email tentang musik yang merupakan hobi Anda, Anda bisa melabeli email tersebut dengan musik & hobi. Tidak seperti di Y!Mail, di mana Anda hanya bisa meletakkan email tersebut di salah satau folder Music atau folder Hobby saja.

Labels on GMail

GMail juga mempunyai fitur Filtering yang lebih canggih. Bila di Y!Mail Anda hanya punya pilihan untuk men-delete atau meletakkan ke folder tertentu, maka GMail memungkinkan Anda untuk mem-forward email yang tersaring ke alamat email tertentu selain, tentu saja, pilihan untuk men-delete atau memberi label kepada email tersebut.


Creating a filter

Forwarding filtered email

GMail juga memungkinkan Anda untuk mem-filter email yang terlanjur masuk sebelum Anda membuat saringan tersebut. Pada saat Anda membuat filter, pada langkah terakhir, cukup cek checkbox Also apply filter to xxx conversations below Anda juga bisa melakukan test terlebih dahulu sebelem mengaplikasikan filter tersebut untuk melihat apakah filter tersebut benar dapat menyaring email


Testing a filter

 

Apply filter to existing email

Satu hal yang menarik adalah adanya pilihan untuk meng-archive email-email Anda agar tidak menumpuk di Inbox. Cukup klik tombol Archive setelah Anda setelah membaca email tersebut, maka email Anda akan hilang dari Inbox. Anda bisa melihatnya lgi di All Mails. Anda juga bisa meng-archive mail Anda lewat filter yang Anda buat. Seperti kata GMail:

No conversations in the Trash. Who needs to delete when you have over 2000 MB of storage?!

Archive a mail to All Mails

20 replies on “Managing Emails in Gmail”

manteb bro,,, pengnnya sih banyak yang pake gmail, kan bisa sakalian chat,,,, tapi yang pake gmail sedikit,,, jadi klo chat masih pake yahoo,,,,,, monggo kito ngagem gmail….

Like

Leave a comment