Assassin’s Creed III

Assassin's Creed III

Assassin's Creed III

Yay! Ubisoft akhirnya merilis video trailer Assassin’s Creed III pada tanggal 6 Maret lalu (biarin basbang! :P). Game ini adalah kelanjutan dari seri Assassin’s Creed sebelumnya dan “menggunakan” karakter utama yang baru, bernama Connor. Ya, Ezio Auditore sang bangsawan Firenze sekaligus Master Assassin sudah berakhir masa jabatannya.

Game ini akan mengambil setting Revolusi Amerika pada tahun 1753 sampai 1783, di mana “rakyat” Amerika sedang berusaha memerdekakan diri dari “penjajah” Inggris. Ngerti kan maksudnya kenapa saya pakai tanda kutip? :P. Kota-kota yang akan dimunculkan sebagai tempat petualangan Connor adalah kota Boston dan New York, serta sebuah padang luas bernama Frontier yang masih alami, tempat suku-suku Indian tinggal di perkemahan.

The Frontier

The Frontier

Sama seperti game-game sebelumnya, sang tokoh utama akan berhubungan serta bermusuhan dengan tokoh-tokoh nyata. Jika di seri-seri sebelumnya ada Richard the Lionheart, Leonardo da Vinci sampai Pangeran Sulaiman, di Assassin’s Creed III akan muncul tokoh-tokoh yang tentunya benar-benar hidup di zaman perang revolusi Amerika. Nama-nama yang akan “dipakai” oleh Ubisoft antara lain: George Washington, Benjamin Franklin & Charles Lee.

George Washington

George Washington

Tentu akan ada juga tokoh-tokoh antagonis dari pihak Inggris sebagai tentara Templar. Ya, game ini masih mengusung alur cerita lama, di mana Assassins yang membela free will melawan para Templar yang menginginkan seluruh dunia tunduk di bawah satu kepemimpinan. Kedua-keduanya menginginkan tujuan yang sama: kedamaian dunia, meski dengan cara yang berbeda.

redcoat

Pasukan Inggris (Redcoat)

Bagaimana dengan gameplay-nya sendiri? Ubisoft menjelaskan beberapa hal menarik menyangkut hal ini. Antara lain:

  1. Perubahan musim. Jika AC II memperkenalkan perubahan waktu siang & malam, maka AC III memperkenalkan siklus yang lebih jauh lagi. Musim akan berganti seiring waktu dari musim semi sampai musim dingin. Pergantian ini akan mempengaruhi jalannya game juga. Misalnya pada musim dingin sungai-sungai akan membeku, sehingga player bisa mengakses tempat yang sebelumnya tidak bisa didatangi
  2. Free running. Bosan dengan adegan memanjat gedung di kota? Sekarang free running AC III ditambahi kemampuan untuk memanjat pohon serta tebing.
  3. Senjata-senjata baru. Player bisa menggunakan beberapa jenis senjata yang disesuaikan dengan zaman ini, seperti senapan, pisau, kapak Tomahawk, busur & panah, serta tak ketinggalan Hidden Blade. Hell yeah!
  4. Dual weapon. Selain senjata-senjata baru, player juga bisa memegang dua senjata berbeda di tangan kanan dan kirinya.
  5. New Combat System. Salah satu “bug” dari seri sebelumnya yang sebenarnya menguntungkan player tapi agak mengganggu adalah combat systemnya. Player bisa melakukan mode defensif, di mana dia cukup bertahan & melakukan counter attack. Di AC III ini sistem counter attack akan dibuat semakin sulit. Player harus bertarung dengan ofensif dan memanfaatkan fitur seperti momentum & kecepatan.
  6. Fitur Ekonomi. Fitur looting (menjarah) serta jual beli yang ada di game sebelumnya akan dikembangkan lagi. Player bisa berburu hewan dan mengambil kulit atau dagingnya untuk dijual. Player juga bisa melakukan barter dengan karakter-karakter lain.
huting in frontier

Berburu di Frontier

Untuk lebih jelasnya, tonton video trailer-nya saja deh:

Gimana? Keren bukan? Tapi tunggu dulu, jika diamat-amati lebih lanjut, fitur-fitur baru di game ini sebenarnya sudah ada di game lain. Coba tebak, game apa yang bersifat open world, playernya bisa dual weapon, bisa berburu hewan, dan barter? Yak, betul! Game itu adalah Skyrim!

Terus, ada lagi, game apa yang bersifat open world, setting-nya di Amerika jaman kuno serta player-nya bisa tembak-tembakan? Tahu? Nama game-nya: Red Dead Redemption (besutan Rockstar yang juga memproduksi franchise GTA).

Lalu bagaimana kalau ada game Assassin’s Creed yang bersetting ala Red Dead Redemption dan bergaya Skyrim? Can’t wait to see Oct 30, 2012!!

817 thoughts on “Assassin’s Creed III”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>