Gravity

Gravity“Life in outer space is impossible”. Mantra itu lah yang dipakai sutradara Alfonso Cuaron dalam menciptakan film terbaik (versi saya) tahun ini. Setelah bertahun-tahun terlena dan takjub dengan film-film luar angkasa macam Star Trek, Star Wars, John Carter dll, kita seakan lupa dengan fakta singkat tersebut; hidup di luar angkasa itu tidak mungkin. Tidak ada gravitasi yang membuat kita bisa berdiri tegak adn juga tidak ada okisgen yang selama ini kita sia-siakan.

Gravity menyampaikan pesan sederhana itu dengan begitu indah, realistis dan sangat manusiawi. Boleh dibilang ini film thriller luar angkasa yang paling masuk akal. Tidak ada pesawat luar angkasa yang berkejar-kejaran dan saling menembak laser. Tidak ada alien-alien jahat yang berusaha memusnahkan manusia. Hanya ada 2 orang astronot yang terdampar di orbit yang berusaha menyelamatkan diri mereka dari serbuan pecahan satelit yang meledak dan kembali ke bumi.

Tapi Gravity tidak hanya menyuguhkan ketegangan melihat satelit-satelit meledak dalam keheningan karena tidak ada medium untuk menghantarkan gelombang suara, tapi juga  pergolakan batin dari karakter Dr Ryan Stone (Sandra Bullock) dan sosok cool dan karismatik  dari astronot kawakan Matt Kowalsky (George Clooney). Pasangan ini benar-benar serasi dan saling mengisi satu sama lain.

Sosok Dr Stone yang kurang berpengalaman dan memiliki masa lalu yang suram membuat saya kadang-kadang merasa geregetan sendiri dan ikut menahan nafas saat ia mengalami kesulitan-kesulitan. Tapi kemudian sosok Kowalsky muncul dan membuat suasana lebih tenang dengan aura kebapakannya dan sorot matanya yang mempesona. Yeah, George Clooney sekali.

Scene yang paling menegangkan bagi saya adalah ketika Dr Stone terlepas dan melayang-layang sendiri di luar angkasa. Dengan berlatar belakang taburan bintang-bintang, scene itu membuat saya merasa begitu kecil dan tak berdaya. Ibarat mengalami klaustrofobia di tempat yang sangat luas.

Satu pesan yang ingin disampaikan oleh film ini adalah bagaimana kita harus tetap berjuang untuk hidup apapun yang terjadi. Terdengar klise memang, apalagi dalam tipikal film survival seperti ini, tapi akting Sandra Bullock begitu bagus sehingga membuat saya ingin agar dia bisa survive dan move on dari masa lalunya. Dan yah, she’s hot :P

Dengan special effect yang begitu menawan dan soundtrack yang membuat suasana semakin bikin deg-degan, saya sangat menyarankan untuk menonton film ini di bioskop selevel IMAX. Agak mahal memang, tapi percayalah, it’s worth the money.

329 thoughts on “Gravity”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>